Senin, 06 Juni 2011

Kecamatan Caringin merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Bogor bagian selatan dari 40 Kecamatan yang awalnya pemekaran dari Kecamatan Ciawi sekitar tahun 1981 dengan jumlah Desa sebanyak 8 Desa yang pada perkembangannya menjadi 12 Desa.
Kecamatan Caringin memiliki luas wilayah 5.729,9  Ha, terletak di antara dua gunung yaitu Gunung Pangrango dan Gunung Salak serta dilalui oleh beberapa aliran sungai yaitu Sungai Cisadane, Cinagara dan Cimande. Sedangkan pusat pemerintahan Kecamatan Caringin berlokasi  di Desa Cimande Hilir, terdiri dari 12 Desa dengan 80  RW dan 346 RT dan merupakan bagian jalur penghubung strategis antara Jabodetabek dan Kabupaten/Kota Sukabumi baik dalam  distribusi barang dan jasa serta pendorong pengembangan wilayah meliputi  dalam kegiatan industri dan perdagangan, pariwisata maupun pemukiman.
Bila dilihat berdasarkan karakteristik wilayah, Kecamatan Caringin merupakan wilayah dengan kondisi potensi yang sangat potensial dan bervariasi  untuk dikembangan, diantaranya untuk pengembangan pertanian, peternakan, perdagangan dan jasa., industri non polutif, pariwisata dan pemukiman. Hal ini seiring dengan terjadinya perkembangan yang sangat pesat atas meningkatnya pilihan masyarakat pengguna jalan baik yang berasal dari Jabodetabek  menuju Sukabumi dan sebaliknya yang cenderung melalui Caringin sehingga Caringin bukan lagi sebagai alternative tetapi menjadi tujuan.
Hal lain yang akan menjadi daya tarik dan pendorong perkembangan Caringin di masa yang akan datang adalah dibangunnya ruas jalan tol Ciawi – Sukabumi dengan salah satu akses pintu tol yang akan dibuka adalah di kecamatan Caringin. Dengan adanya akses jalan tol tersebut, kecamatan Caringin diharapkan akan lebih pesat lagi perkembangannya. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan pula penyesuaian Rencana Tata Ruang Wilayah serta perlu didukung oleh penyediaan sarana umum dan dukungan infrastruktur yang memadai.

Sumber www.keccaringin.bogorkab.go.id

4 komentar: